PKK

  • Dibaca: 421 Pengunjung

PKK

 

SEJARAH SINGKAT PKK KELURAHAN SEMARAPURA KLOD KANGIN

Keluarga sebagai kesatuan terkecil di masyarakat tidak bisa terlepas dari peran kaum ibu-ibu karena sebagian besar tugas-tugas keluarga dilaksanakan oleh ibu-ibu. Terlebih lagi dalam budaya adat Bali kaum ibu disamping mengurus tugas-tugas keluarga di rumah, juga mempunyai peran yang sangat strategis ikut membantu suami bekerja mencari nafkah untuk keluarga. Mengingat peran wanita yang demikian besar dalam pembangunan sehingga tidak bisa dikesampingkan begitu saja.

Sebelum pemerintah menghimpun kaum ibu-ibu dalam wadah PKK, di Kelurahan Semarapura Klod Kangin kaum ibu dan remaja putri sudah turut aktif dalam setiap kegiatan pembangunan yang ada di kelurahan. Peran serta wanita tidak pernah ketinggalan  untuk mengkoordinir segala bentuk kegiatan wanita yang ada di kelurahan. Dalam perkembangan selanjutnya setelah pemerintah mencanangkan pembentukan Organisasi PKK sebagai satu gerakan di masyarakat untuk menghimpun ibu-ibu agar lebih memantapkan peran kaum ibu dan memudahkan pembinaan oleh pemerintah maka sekitar tahun 1972-an di Kelurahan Semarapura Klod Kangin dibentuklah Organisasi Pendidikan Kesejahteraan Keluarga (PKK). Dengan adanya Rakernas pada Tahun 2001 tentang Gerakan PKK maka Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) diubah menjadi Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kelurahan Semarapura Klod Kangin. PKK bukan saja menjadi tugas kaum ibu tapi merupakan tugas dan tanggung jawab semua komponen keluarga.

Kegiatan PKK di Kelurahan  Semarapura Klod Kangin ditekankan  pada pelaksanaan 10 (sepuluh) Program Pokok PKK yang dikoordinir  oleh masing-masing Pokja yaitu :

1.    Pokja I membidangi program :

a.    Penghayatan dan Pengamalan Pancasila

b.    Gotong Royong

2.    Pokja II membidangi program :

a.    Pendidikan dan Ketrampilan

b.    Pengembangan Kehidupan Berkoperasi

3.    Pokja III membidangi program :

a.    Pangan

b.    Sandang

c.    Perumahan

4.    Pokja IV membidangi program :

a.    Kesehatan

b.    Kelestarian Lingkungan Hidup

c.    Perencanaan Sehat

Dalam Era Otonomi daerah saat ini PKK Kelurahan Semarapura Klod Kangin sebagai salah satu organisasi kemasyarakatan yang ada di Kelurahan  telah berperan aktif mulai dari perencanaan maupun pelaksanaan pembangunan dengan lebih memberdayakan peran Kelompok PKK Lingkungan dan Kelompok Dasa Wisma.

  • Tugas Tim Penggerak PKK Kelurahan


Tim Penggerak PKK Kelurahan mempunyai tugas membantu Pemerintah Kelurahan dan merupakan mitra dalam pemberdayaan dan peningkatan kesejahteraan keluarga.

 

  • Tugas Tim Penggerak PKK Kelurahan meliputi antara lain:
  1. Menyusun rencana kerja PKK Kelurahan;
  2. Melaksanakan kegiatan sesuai jadwal yang disepakati;
  3. Menyuluh dan menggerakkan kelompok-kelompok PKK agar dapat mewujudkan kegiatan-kegiatan yang telah disusun dan disepakati;
  4. Menggali, menggerakkan dan mengembangkan potensi masyarakat, khususnya keluarga untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga sesuai dengan kebijakan yang telah ditetapkan;
  5. Mengadakan penyuluhan kepada keluarga - bimbingan dan motivasi untuk keluarga sejahtera.
  6. Berpartisipasi dalam pelaksanaan program instansi yang berkaitan dengan kesejahteraan keluarga di kelurahan;


 

  • Fungsi Tim Penggerak PKK

Tim Penggerak PKK Kelurahan mempunyai fungsi:

  1. penyuluh;
  2. motivator;
  3. penggerak;
  4. fasilitator;
  5. perencana;
  6. pelaksana;
  7. pengendali;
  8. pembina; dan
  9. pembimbing Gerakan PKK.

 

  • Program Pokok

Program pokok gerakan PKK meliputi:

  1. penghayatan dan pengamalan Pancasila;
  2. gotong royong;
  3. pangan;
  4. sandang;
  5. perumahan dan tata laksana rumah tangga;
  6. pendidikan dan keterampilan;
  7. kesehatan;
  8. pengembangan kehidupan berkoperasi;
  9. pelestarian lingkungan hidup;
  10. perencanaan sehat.


Ketentuan lebih lanjut mengenai kegiatan dari program pokok gerakan PKK ditetapkan oleh Tim Penggerak PKK, sesuai situasi kondisi dan prioritas kebutuhan masyarakat setempat dan dukungan dari sumber daya yang ada.

  • Dibaca: 421 Pengunjung