Ribuan Ulat Bulu Serang Pemukiman dan Kebun Warga Semarapura Klod Kangin

  • 10 April 2017
  • Dibaca: 165 Pengunjung
Ribuan Ulat Bulu Serang Pemukiman dan Kebun Warga Semarapura Klod Kangin

Ribuat ulat bulu menyerang perumahan warga di kawasan Jalan Werkudara, Semarapura Klod Kangin, Klungkung sejak Penyajaan Galungan lalu. Hingga kini ulat bulu tersebut terus berkembang biak dan semakin bertambah karena sudah sarangnya memenuhi areal perkebunan warga setempat.

“Itu sumbernya di pohon sandat, lalu menyebar ke pohon-pohon lain dan bahkan sudah masuk kerumah sejak seminggu lalu,” ujar warga setempat Sayuti Rahman, Senin (10/4/2017). Bahan anak buahnya sampai jatuh dan harus dilarikan kerumah sakit dari atap rumah karena membersihkan ulat-ulat tersebut.

Warga melakukan berbagai upaya untuk mengusir ulat bulu tersebut, salah satunya dengan menyemprotkan cairan minyak tanah dan deterjen. Memang beberapa ulat bulu berhasil dilumpuhkan, hanya saja karena jumlahnya mencapai ribuan, warga pun kewalahan. “Saya tidak mengetahui dari mana datangnya ulat bulu ini, meskipun tidak membikin gatal-gatal tapi menganggu karena masuk ke rumah,” ujar seorang warga di areal lokasi, Rojali.

Nampak ulat bulu tersebut menggeliat ke sana ke mari di pepohonan perkebunan seluas 1 are, termasuk naik ke atap rumah warga. Bahkan ketika itu Camat Klungkung Komang Gede Wisnuadi, didampingi Lurah Semarapura Kelod Kangin Dewa Widiantara turun untuk mengecek ulat bulu tersebut.

“Persoalan ini tengah kami koordinasikan dengan Dinas Pertanian untuk mengatasi persoalan ini, dan rencananya pembasmian dilakukan Selasa pagi” ujarnya. Diduga kedatangan ulat bulu dalam jumlah ribuan ini karena faktor cuaca. Untuk langkah yang dilakukan oleh warga yaitu pembakaran, dan penyemprotan. 

  • 10 April 2017
  • Dibaca: 165 Pengunjung

Berita Terkait Lainnya

Cari Berita